Hubungan Kurikulum dan Pembelajaran

Ada beberapa model untuk melihat hubungan antara kurikulum dengan pembelajaran. Menurut Peter F. Olivia ada 4 cara atau model yang dapat menjadi pedoman untuk melihat kurikulum dengan pembelajaran.
1.    Model dualistis, model pertama ini sifatnya tunggal dimana posisi kurikulum menjadi pedoman dalam semua kegiatan pembelajaran dalam kelas. Lalu posisi pembelajaran lebih kepada tolak ukur sukses atau tidaknya kurikulum dan menjadi tujuan akhir dari kurikulum itu sendiri.
2.      Model berkaitan, model ini memegang prinsip bahwa kurikulum dengan pembelajaran hubungannya sangat erat dan memiliki singkronisasi yang baik. Ada bagian tertentu dimana posisi kuirkuum menjadi pembelajaran dan begitu juga sebaliknya.
3.      Model konsentris, adalah model yang mempunai fungsi yang hampir sama dengan model berkaitan dimana pembelajaran dan kurikulum memiliki hubungan dengan kemungkinan bahwa kurikulum adalah bagian dari pembelajaran atau pembelajaran adalah bagian dari kurikulum.
4.      Model siklus, bila melihat model ini kurikulum dan pembelajaran adalah dua hal yang terpisah / berbeda tetapi memiliki hubungan timbal balik antar keduanya, kurikulum lebih mengarah kepada rencana pelaksanaan pembelajaran lalu peran pembelajaran adalah  pada mempengaruhi dalam perancangan kurikulum selanjutnya. Akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa proses dan hasil itu merupakan hubungan yang sangat erat ini bisa dilihat dari penyusunan kurikulum, kurikulum dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran di berbagai tempat khususnya di sekolah, kurikulum mengatur segalanya dalam aktivitas akademik baik yang mengatur guru, siswa dan juga kepala sekolah. Lalu proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan mengarah pada suatu pencapaian yang maksimal.

Daftar Refrensi :
www.idbiodiversitas.com › kurpem
Contoh model pembelajaran : Discovery Learning sebagai berikut : 







Komentar

  1. Terima kasih infonya pak, sangat bermanfaat..

    Kurikulum dan pembelajaran memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dengan adanya kurikulum pembelajaran akan menjadi terarah dan pada akhirnya apa yang menjadi tujuan pembelajaran itu sendiri dapat tercapai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih , mudah - mudahan bermanfaat bagi guru pembelajar

      Hapus
  2. kaitan antara kurikulum dan pembelajaran juga tergantung pada pelaksanaan di lapangan pak, Kurikulum dapat di katakan sebagai pedoman bagi proses pembelajaran apabila dalam pelaksanaan pembelajaran para pengajar benar-benar mengikuti haluan yang diinginkan oleh kurikulum. Begitu juga sebaliknya,saya kira begitu pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kurulum itu acuan , arah , tujuan yg harus ditempuh melalui model pembelajaran

      Hapus
  3. Kurikulum memang di buat sebagai pedoman dan pengarah kegiatan belajar mengajar dalam mencapai tujuan. Untuk itu kita harus memahaminya secara tepat dan benar agar kita tidak salah arah

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar bu ..kompas dalam menetukan arah itu adalah segala peraturan yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

      Hapus
    2. Setuju.....👍semoga kita semakin arif menyikapi pembaharuan ini

      Hapus
    3. Tentu pembaharuan harus diikuti karena kehidupan itu dinamis sesuai perkembangan iptek

      Hapus
  4. Hubungan kurikulum dalam pembelajaran perlu diterapkan model dalam desain pembelajaran agar lebih bermakna bgi peserta didik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia apapun baiknya jika implementasinya tidak ada kesungguhan maka output juga tidak maksimal.

      Hapus
  5. Kurikulum merupakan alat pengukur keberhasilan program pendidikan di sekolah. Sekolah harus mengawasi kegiatan pembelajaran sehingga tujuan dari kurikulum tersebut dapat tercapai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurikulum , proses pembelajaran dan evaluasi perlu ada control yang kontinu..

      Hapus
  6. Kurikulum dan pembelajaran pembelajaran harus berjalan beriringan meskipun berada di posisi yang berbeda. Artinya pembelajaran tanpa kurikulum sebagai rencana tidak akan efektif dan sebaliknya kurikulum tanpa pembelajaran maka kurikulum tersebut tidak akan berguna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun berada di posisi yang berbeda, namun kurikulum dan pembelajaran selalu saling menunjang dan tetap bersilaturahmi 😄😄😄

      Hapus
    2. Betul keanekaragaman ktsp karena sesui dengan kondisi di sekolah, namun harus mengacu kurikulum yang telah digariskan oleh pemeritah

      Hapus
  7. Kurikulum kita berubah tetapi kita tetap harus belajar semaksimal mungkin...pak wagimin mantap..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kurikulum merupakan acuan yang fital untuk menjadikan pembelajaran yang berkualitas...

      Hapus
  8. Kurikulum adalh pngalamn pmbljarn yg terarah dan terencana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pengalaman dapat diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dengan model yang relevan .

      Hapus
  9. Dengan adanya kurikulum maka diharapkan dapat meningkatkan suatu kualitas pendidikan yang lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar karena kurikulum merupakan acuan yang fondamental untuk pembelajaran yang berkualitas bermakna..

      Hapus
  10. kurikulum dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran di berbagai tempat khususnya di sekolah, kurikulum mengatur segalanya dalam aktivitas akademik baik yang mengatur guru, siswa dan juga kepala sekolah.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia karena kurikulum menjadikan kunci dalam mengejahwantakan pembuatan RPP...

      Hapus
  11. Semoga k13 ini bisa menjadikan pendidikan indonesia lebih baik lagi. Terimakasih bpak wagimin 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perubahan itu harus dlaksanakan untuk menuju tujuan nasional

      Hapus
  12. Model apapun asal gurunya gak oke yo ndak jalan

    BalasHapus
  13. Gunakanlah kurikulum sebagai dasar dalam melaksanakan kbm

    BalasHapus
  14. Kurikulum dan pembelajaran dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum dijadikan petunjuk dalam penyelenggaraan pendidikan. Faktor kritis apa yang harus diperhtikan dalam sebuah kurikulum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang harus diperhatikan adalah kopetensi inti dan kopetensi dasar yang terus secara kontinu dikembangan sesuai perkembangan dunia pendidikan yang dinamis..

      Hapus
  15. untuk mendapatkan proses pembelajaran yang baik dan berimbas pada hasil yang diperoleh peserta didik yang baik, maka penyusunan kurikulumnya pun harus lah diperhatikan dengan baik pula, karena kurikulum sebagai pedoman di dalam proses pembelajaran di sekolah, kurikulumlah yang mengatur guru, siswa dan juga kepala sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kurikulum itu kontennya harus komprehenship dan guru harus memahami sekaligus melaksanakanya dengan baik

      Hapus
  16. Kurikulum 2013 menjadikan peserta didik yang kreatif terutama bagi guru nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar apapun baiknya kurikulum tetap foktor utama adalah guru yang harus mampu mengejawantakan kurikulum dan mengaplikasikannya melalui pembelajaran yang berkualitas .

      Hapus
  17. kurikulum dan model pembelajaran adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dengan adanya kurikulum maka pembelajaran akan lebih terarah sesuai dengan tujuan pendidikan

    BalasHapus
  18. Kurikulum adalah alat utk mencapai suatu pendidikan yg dinamis berarti ini kurikulum hrs selalu di kembangkan sesuai dgn berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yg ada.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kurikulum itu bersifat luwes dan dinamis jadi sesuai perkembangan iptek di era globalisasi .

      Hapus
  19. memang benar ada beberapa model yg bisa kita aplikasi ke dalam suatu pembelajaran di antaranya 1.model dualistis, 2.model berkaitan, 3.model konsentris dan model siklus. dan dapat di tarik kesimpulan setiap proses dan hasil itu merupakan hubungan yg sngat erat karena kurikulum di jadikan pedoman dalam proses pembelajaran di berbagai tempat khususnya di sekolah..

    BalasHapus
  20. Jika tidak ada kurikulum pembelajaran berjalan tanpa arah.(your visiting in wait at my blog, pleas)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Survey Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 101/X Lambur I

EVALUASI KURIKULUM